Asal mula dan manfaat green tea  | Redaksi Wanita

Asal mula dan manfaat green tea

Kita mungkin sering melihat dan mendengar spanduk/ slogan yang ada di televisi tentang green tea (istilah dalam indonesia adalah teh hijau). Banyak makanan / minuman / produk kesehatan lain yang mengklaim mengandung greentea. Dari namanya, green tea diartikan sebagai teh hijau. Namun ternyata, green tea berwarna coklat seperti teh pada umumnya.

Asal mula Green tea

Green tea berasal dari daun Camelia sinensis yang berasal dari China dan selama prosesnya hanya mengalami sedikit sekali oksidasi. Setelah melalui berbagai penelitian, green tea terbukti dapat mencegah penyakit jantung dan kanker. Kandungan polifenol dan kafein dapat berfungsi untuk mengatasi kegemukan karena akan menginduksi thermogenesis dan menstimulasi oksidasi lemak

Perbedaan green tea dengan teh biasa

Apa perbedaan green tea dengan teh yang biasa kita minum (diwarung2 atau teh instan)? Tipe teh tergantung dari proses yang terjadi di dalam teh itu sendiri. Daun dari Camelia sinensis yang dipetik akan menjadi rusak dan teroksidasi jika tidak segera dikeringkan. Daun tersebut akan berubah menjadi lebih gelap seiring dengan pecahnya klorofil dan lepasnya tannin. Proses ini di dalam industri teh disebut sebagai fermentasi [meskipun bukan fermentasi sesungguhnya] melainkan adanya oksidasi enzim yang tidak melibatkan miroorganisme dan bukan merupakan proses an aerob.

Pada black tea proses dibagi menjadi beberapa tahap, setelah daun dipetik, dibiarkan selama beberapa jam. Kemudian pada saat daun menjadi bergulung, minyak akan dibawa ke permukaan dan minyak aromatik ini akan terlibat dalam proses oksidasi yang berlangsung selama beberapa jam. Proses yang terakhir adalah menempatkan daun di dalam oven sampai mencapai 93C. Jika daun sudah 80% menjadi kering, maka proses pengeringan dilanjutkan dengan api. Hasilnya teh berwarna kecoklatan atau bahkan menjadi hitam.Berbeda dengann proses untuk menghasilkan green tea. Daun dipetik, proses menggulung daun untuk memecah membrannya agar teroksidasi tidak dilakukan,  daun dikeringkan kemudian daun digulung sehingga hasil tetap berwarna hijau. Itulah mengapa disebut green tea.

Asal mula dan manfaat green tea
Artikel "Asal mula dan manfaat green tea" ditulis oleh soli update terakhir pada 19th February 2013 Categories Kesehatan Umum, Tanaman Herbal , permalinks http://www.redaksiwanita.com/asal-mula-dan-manfaat-green-tea.html di Redaksi Wanita

Baca Juga:


 

No Comment to “Asal mula dan manfaat green tea”

  1. Comments are closed.